Selasa, 26 April 2011

Bisnis Weddingcard

Pagi ini buka-buka buku catatan order bisnis. kembali ngecek orderan weddingcard di bulan yang sama tahun lalu. Ternyata omzetnya bagus ditahun lalu. So, ini penurunan atau apa ya?
Karena selama ini, aku merasa pelanggan yang datang adalah selalu kiriman dariNya. Karena tiba-tiba saja dari Bali, Biak, Jayapura, kalimantan, lampung dll berdatangan memesan undangan nikah. Padahal secara pemasaran online aku belum ahli, apalagi pemasaran offline yang butuh banyak biaya tidak ku lakukan sama sekali. Semacam iklan koran, itu tidak kuambil karena lumayan budgetnya. Pernah sekali iklan yellow page, tapi ga ada result sepertinya.

Kembali ke perbandingan omzet tahun lalu dengan saat ini. Karena bisnis ini aku jalani lebih ke spiritual, bukan ke berlomba2 memenangkan persaingan. Jadi sepertinya harus lebih perbanyak sedekah, rutinkan shalat Dhuha, Shalat tahajud. Mudah2an selanjutnya akan menjadi lebih baik. Terlebih ada beberapa karyawan yang membantu perkembangan bisnis weddingcard ini, aku lebih berharap mereka diberi Rezeki yang berlimpah. dan Rezeki mereka dilewatkan dari arifacard ini.


Banyak yang perlu diperbaiki dari semuanya ini. Mulai inovasi sistem pemasaran, update produk yang terus menerus, sistem pelayanan pelanggan, manajemen karyawan. Walaupun saat ini masih apa adanya, tapi kedepan harus lebih tertata, supaya bisnis weddingcard ku makin berkembang dan makin banyak peminatnya.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites