Rabu, 02 Maret 2011

Menulis Jurnal untuk menjernihkan pikiran dan hati

Menulis jurnal termasuk salah satu alat yang paling ampuh untuk mengenal diri sendiri. Menulis juga menjernihkan pikiran dan hati. Membuat kita bisa merumuskan pemikiran dan memberikan penenangan di saat kita bingung atau guncang. Selain kreatif, menulis memberikan peluang kepada anda untuk mengamati hidup anda dengan pandangan baru. Mulai sekarang juga dan semangat anda akan meningkat, hidup juga menjadi lebih menarik.

 

Selamat berpisah dengan pengkritik dari dalam
Pensiunkan pengkritik dr dalam. bungkam suara yang mengatakan hanya ada satu cara untuk menulis atau bilang anda tak bisa menulis. Pulangkan dia ke taman kanak-kanak dimana anda bertemu pertama kalinya dengan para guru yang bermaksud baik, tapi memberikan pengarahan yang salah. Yang megatakan langit selalu biru, rumput selalu hijau, dan cara anda salah. menulis jurnal kreatif membuat anda mendengar, membaca, dan mengembangkan suara anda sendiri yang unik. selain itu, sesudah menulis jurnal mengalir lancar, suara kritik itu secara umum akan diam. kekuatan untuk membersarkan hati dan penghargaan akan tumbuh.

Temukan hal-hal baru
Sambil menulis perhatikan, anda jarang tahu apa yang anda tahu sampai anda melihatnya dalam lembaran kertas. Biarkan diri anda kaget sendiri. Apa yang lebih menarik? anggap penulisan setiap hari sebagai penemuan atau sebagai ungkapan batin anda ke dunia luar. setiap hari adalah awal baru.

Untuk diri sendiri
Tulis jurnal untuk diri sendiri. Bukan untuk orang lain. Simpan jurnal anda ke tempat yang aman. Anggap ini sebagai kebenaran suci. Anda akan menulis secara lebih bebas jika jurnal anda bersifat privat. Hubungan anda dengan orang lain akan mendapatkan manfaat ketika anda mendapatkan pencerahan, kejernihan, dan penenangan. Hal ini berkemungkinan besar terjadi jika anda jujur, bernai dan tidak menulis dengan mata oarng lain pada halaman buku.

Nikmati proses bukan tujuan
Dalam menulis jurnal, proses jauh lebih penting dibanding tujuan. pada kenyataannya, menulis jurnal memberikan peluang besra untuk merenung dan mempertajam tujuan-tujuan. Periksa apakah itu benar-benar tujuan anda dan bukan tujuan orang lain. Proseskembar refleksi dan penemuan bisa mendtangkan pengungkapan tak terduga. Anda akan divberi peluang untuk membuat pilihan-pilihan baru dalam hidup tetntang apa yang paling penting untuk anda.

Biarkan rasa percaya diri tumbuh.
Percaya bahwa hampir segala sesuatu yang dikatakan kepada anda tentang cara menulis yang baik dan yang buruk itu tidak relevan atau salah. Dengan cara ini, anda akan memahami arti menulis secara bebas, tidak disensor. Anda akan percaya dengan kemampuan anda mengungkapkan semua penemuan anda, keluar dan kedalam. Yang lebih hebat lagi, harga diri anda akan terus bertumbuh menjadi ebih aman karena pikiran anda menjadi benar-benar pikiran sendiri, bukan pinjaman. gelisah atau menyenangkan tapi segar, langsung dan orisinal.

Tulis tentang dunia sekitar anda
Menulis jurnal itu subjektif. Anda akan menemukan jauh lebih banyak tentang diri sendiri. Dunia sekitar anda juga akan jadi lebih menarik. Tak ada pengalaman sia-sia dalam menulis jurnal.
Berdiri di pojok jalan tidak akan membuat anda marah karena teman-teman anda terlambat. Anda benar-benra asyik dengan dunia sekitar anda. Kemampuan menulis jurnal membuat anda bisa mengamati detail, mendapatkan pengalaman baru tentang hal-hal yang familiar dan menggunakan semua indera anda.

Menghargai detail
Yang membuat tulisan anda menjadi tulisan sendiri adalah detail. Menulis itu sangat mudah, " pergi ke solo pada hari minggu," tapi apa maknanya sesudah 10 bln atau sesudah 10 mnt dari sekarang? tidak ada.Pikiran itu untuk memasukkan pengalaman:" Sangat ragu kembali ke Solo tapi diluar dugaan bahkan dalam perjalanan ke stasiun.." dengan melakukan ini anda membuka jalan ke pengalaman, perasaan-perasaan, reaksi dan mempertanyakan diri sendiri secara cerdas. Dengan pendekatan ini, anda akan melihat seluruh situasi dengan cara lebih sehat dan menarik.

Tambahkan tekstur pada halaman
Tambahkan tekstur pada jurnal anda : sketsa, gambar, kutipan, menu, surat, puisi, daftar belanjaan, resolusi. Masing-masing ini punya cerita, bagian dari cerita anda. Ini juga tempat dimana anda bisa berdoa, mendengarkan suara kecil yang lembut dari dalam diri anda, merenungkan apa yang anda temukan dari bacaan atau studi spiritual anda, menikmati dan memupuk observasihidup anda. Segala sesuatu tumbuh jadi lebh jelas jika anda mengambil waktu untuk mengamati secara dalam dan apresiatif. Menuliskan pemikiran anda di kertas tak akan membawa solusi instant, tapi membuat anda bisa mengakses kebijakan dari pengalaman -pengalaman anda sendiri.

Lepaskan rasa sakit dan sulit
Mengeluarkan uneg-uneg adalah bagian dari menulis jurnal, dan ini bisa berarti menyelamatkan hidup, terutama disaat menderita, berduka atau dalam transisi. Banyak orang yang mulai menulis jurnal pada saat seperti ini. Mengeluarkan uneg-uneg menyediakan ruang untuk pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan baru yang muncul. Dan kita berkemungkinan lebih besar untuk tinggal dengannya, dan merasakan manfaatnya, jika kita menggunakannya dengan berbagai cara.

Bahkan tak ada pun punya bentuk
Kita bis melihat halaman kosong sebagai teman, ketimbang sebagai tantangan yang menauktkan sesudah anda belajar, bahwa bahkan nothing selalu punya makna dan bentuk sendiri. Mulai menulis dengan mengamati saat-saat dimana anda memulai dan melakukan audit inner dn outer. sebagai contoh " Malam ini dingin, dan sepi...saya mengenakan sweater yang selalu membuat saya merasa.."
Anda akan sering kaget, bahwa apa yang ingin anda tuliskan jauh dari pikiran anda dan sesuatu yang lain jauh dari membuat anda tertekan. menulis jurnal mendatangkan kejutan dalam berbagai cara. Dan ini mendatangkan sukacita tersendiri.



Nikmati kemewahan teknologi rendah
Menulis jurnal adalah seni yang hening dan intim : hanya ada anda, buku tulis, dan pena. Tak ada teknologi, tak ada biaya (nyaris), selalu portable. Benar-benar cara yang indah untuk belajar mengungkapnkan diri sendiri, dan menjalani hidup secara lebih penuh, termasuk menuliskannya.


Sumber : Aura, Creative Journal Writing


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites